Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Memilih Jasa Renovasi Rumah Yang Tepat

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Memilih Jasa Renovasi Rumah Yang Tepat

Memilih jasa renovasi memang terbilang gampang-gampang susah. Anda harus melakukan berbagai pertimbangan untuk mendapatkan jasa yang berkualitas dan tepat. Banyak hal buruk yang bisa terjadi jika Anda tidak memilih jasa untuk renovasi yang tepat. Maka, perhatikan 7 hal di bawah ini sebelum memilih jasa renovasi rumah berikut ini.

1. Cari Referensi dan Rekomendasi

Jangan hanya asal atau random dalam memilih jasa renovasi. Cari referensi dan rekomendasi dari tetangga atau teman yang pernah menggunakan jasa tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mencari referensi di internet dan melihat review-review atau testimoni yang diberikan oleh para pengguna jasa sebelumnya.

Pastikan review dan testimoni tersebut valid dan murni komentar dari pengguna, bukan ulasan dari akun anonim. Tapi, untuk lebih amannya, Anda bisa mempercayai rekomendasi dari orang di sekitar Anda.

2. Berbadan Hukum

Setelah mengetahui track record dari jasa untuk renovasi rumah yang sudah Anda lihat sebelumnya, Anda juga harus memeriksa apakah pihak jasa tersebut sudah mengantongi izin resmi dan berbadan hukum.

Jika pihak penyedia jasa sudah memiliki izin resmi dan berbadan hukum, maka kredibilitas jasa tersebut sudah terjamin. Jadi, Anda sudah bisa tenang jika memilih jasa untuk renovasi yang sudah berbadan hukum karena lebih terpercaya dan kredibel.

3. Survei Hasil Kerja Sebelumnya

Anda sebaiknya jangan langsung percaya terhadap cerita atau foto proyek yang sudah dikerjakan sebelumnya. Karena bisa saja foto dan portofolio yang dipasang tersebut dipalsukan. Datangi secara langsung lokasi pengerjaan proyek sebelumnya untuk meninjau hasil kerja dari proyek yang sudah berhasil dibangun sebelumnya. Maka, Anda bisa melihat secara langsung hasil kerja jasa renovasi secara detail dan jelas.

4. Pilih yang Memiliki Spesialisasi Tertentu

Jika Anda ingin merenovasi rumah dengan gaya tertentu, akan lebih baik jika Anda memilih jasa renovasi rumah yang memiliki spesialisasi dalam membangun gaya-gaya desain tersebut. Maka, hasil bangunan rumah yang direnovasi pun akan lebih detail dan maksimal.

Misalnya, jika Anda menginginkan gaya minimalis, maka carilah jasa untuk renovasi yang spesialis di bidang gaya minimalis. Hal itu juga berlaku jika Anda menginginkan gaya-gaya desain lainnya, pilihlah jasa yang sesuai dengan spesialisasi gaya desain yang Anda inginkan.

5. Harga yang Sesuai dengan RAB

Cari jasa kontraktor yang memberikan harga yang sesuai dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya). Kalkulasi anggaran dengan cermat dan lakukan cross check dengan RAB yang diajukan oleh pihak penyedia jasa.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang diajukan jasa kontraktor. Karena bisa jadi ada pengeluaran tambahan yang nantinya mengakibatkan pembengkakan pada anggaran renovasi. Pertimbangkan juga profesioanalitas dan kualitas dari pihak jasa yang akan Anda pilih.

6. Informasikan dengan Jelas

Berikan informasi secara detail mengenai apa saja yang perlu direnovasi dengan penyedia jasa. Sampaikan juga gaya desain yang Anda mau, dan diskusikan anggaran biaya yang nanti akan Anda keluarkan.

Hal ini nantinya akan berguna juga agar penghitungan RAB dapat dihitung secara jelas, rinci, dan akurat. Jaga komunikasi dengan pihak jasa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ketidaksesuaian warna cat, dan lain sebagainya.

7. Garansi

Coba tanyakan soal garansi terhadap pihak penyedia jasa yang Anda survei. Pilih jasa yang tidak segan memberikan garansi pada kliennya. Jasa renovasi yang profesional umumnya akan memberikan garansi untuk menjamin kualitas kerjanya.

Jadi, jika di kemudian hari ditemukan kerusakan, Anda bisa mendapatkan perbaikan secara cuma-cuma sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam garansi. Jadi, Anda bisa lebih tenang karena pekerjaan renovasi lebih terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *